Panduan Prosedur Perizinan Konsultan Pajak

Panduan Prosedur Perizinan Konsultan Pajak

Konsultan pajak surabaya, malang dan sidoarjo menjadi pihak penting yang menghubungkan pihak otoritas dengan wajib pajak. Profesi ini akan menerjemahkan kompleksitas hukum pajak sehingga masyarakat maupun perusahaan wajib pajak bisa mengenalnya lebih mudah.

Agar bisa membuka praktik dan melayani klien, maka harus dapat izin terlebih dahulu. Berikut adalah prosedur perizinan konsultan pajak yang perlu diikuti adalah:

  1. Pastikan Sudah Memenuhi Syarat

Sebelum melangkah mengajukan permohonan izin praktik, lihat dulu dan pastikan apakah Anda sudah memenuhi persyaratan atau belum. Pastikan sudah mendapat sertifikat konsultan pajak dari hasil ujian sertifikasi.

Selain itu, pastikan juga sudah terdaftar dalam asosiasi konsultan pajak yang telah terdaftar secara resmi. Jika sudah memenuhi kualifikasi, maka langkah berikutnya akan semakin mudah dijalani.

  1. Buat Surat Permohonan

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah membuat surat permohonan terlebih dahulu. Surat permohonan ini berisikan permintaan izin untuk membuka praktik layanan jasa konsultan pajak. Surat dibuat dengan format resmi dan ditujukan kepada Dirjen Pajak. Surat ini dibuat tertulis atau dalam bentuk cetak sehingga ada bentuk fisiknya.

  1. Isi Formulir Pendaftaran

Selanjutnya lakukan pengisian formulir pengajuan izin jasa konsultan pajak. Pastikan untuk mengisi data dalam formulir dengan tepat. Formulir ini bisa didapatkan secara online.

Formulir juga harus dikumpulkan bersamaan dengan surat permohonan. Selain diserahkan kepada Dirjen pajak, formulir dan surat permohonan dapat diserahkan kepada pejabat terpilih.

  1. Kumpulkan Dokumen Syarat

Jika sudah ada surat permohonan dan formulir pendaftaran yang diisi secara lengkap, berikutnya kumpulkan dokumen-dokumen yang jadi persyaratan. Ada banyak sekali nama dokumen yang perlu dikumpulkan. Mulai dari CV, fotokopi sertifikat konsultan pajak, SKCK, fotokopi KTP dan NPWP, serta fotokopi surat keanggotaan asosiasi konsultan pajak.

Perlu diketahui bahwa konsultan pajak tidak boleh berasal dari orang yang terikat dengan lembaga pemerintahan manapun. Oleh karena itu Anda juga harus mengumpulkan surat pernyataan tidak terikat dengan pekerjaan pemerintah, BUMN, dan BUMD. Kumpulkan juga surat pemberhentian sebagai PNS apabila sebelumnya menekuni profesi sebagai PNS.

  1. Buat Surat Pernyataan

Selanjutnya buatlah surat pernyataan untuk melengkapi dokumen persyaratan pengajuan izin praktik konsultan pajak. Surat pernyataan ini berisikan komitmen untuk bertugas dan melayani klien sesuai dengan peraturan perundang-undangan perpajakan. Surat ini dibuat dengan sebenar-benarnya sehingga bisa dipertanggungjawabkan apabila nanti ada pelanggaran yang dilakukan.

  1. Tunggu sampai Izin Terbit

Jika semua syarat dokumen sudah terpenuhi maka segera kumpulkan ke pihak Dirjen Pajak atau pejabat terkait. Selanjutnya Anda hanya perlu menunggu hingga izin praktik bisa terbit dan digunakan untuk membuka jasa pelayanan klien wajib pajak. Terbitnya izin ditandai dengan adanya kartu izin praktik yang akan berlaku selama 2 tahun sejak tanggal penerbitan.

Jika masa berlaku kartu izin akan habis, maka konsultan harus segera melakukan pengajuan perpanjangan. Permohonan ini bisa disampaikan kepada Dirjen Pajak sebelum masa berlaku izin sebelumnya habis. Selain itu bisa juga mengajukan peningkatan izin praktik secara bertahap agar bisa mendapatkan fee konsultan pajak lebih tinggi. Misalnya dari izin praktik tingkat A, B, dan selanjutnya.

Peningkatan izin praktik hanya bisa dilakukan jika konsultan pajak telah bekerja minimal selama 12 bulan terhitung sejak dapat izin praktik. Selain itu konsultan juga sudah harus mendapatkan sertifikat yang tingkatnya lebih tinggi dari sebelumnya. Pengajuan permohonan peningkatan izin ini bisa dilakukan paling lambat sejak 2 tahun diterbitkannya sertifikat yang terbaru.

Itulah informasi mengenai prosedur perizinan konsultan pajak. Tidak rumit namun memang Anda harus mengikuti prosedur secara runtut. Pastikan untuk memenuhi semua persyaratan agar proses terbitnya izin bisa berjalan dengan lancar.