Cara Menghilangkan Bau Besi di Air Sumur Bor, Menjernihkan dan Memfilter

Pompa air yang bagus dapat menjernihkan air sumur bor yang kuning dan berminyak serta cara menghilangkan bau besi dengan memfilter menggunakan alat atau dengan saringan pasir.

Memiliki air sumur yang bau tentu akan membuat Anda tidak nyaman, apalagi jika baunya seperti besi. Perlu Anda ketahui bahwa kondisi air tidak baik untuk menjaga kesehatan kulit karena bisa menjadi rusak dan kusam.

Jika air rumah Anda mengalami kondisi seperti itu, jangan paksakan diri Anda untuk betah dengan memanfaatkannya sebagai sumber air harian Anda.

Cara Menghilangkan Bau Air Sumur

Sebaiknya segera diselesaikan dengan metode greensand mangan, yaitu pasir khusus yang dapat bereaksi dengan besi, mangan, dan hidrogen sulfida.

Waktu yang dibutuhkan: 30 menit.

Tahapan untuk membersihkan air sumur yang bau adalah :

  1. Cek Kondisi Air Kran

    Sangat mudah untuk menentukan berapa banyak besi atau endapan lain yang ada di air sumur. Anda bisa menggunakan selembar kain putih yang digunakan sebagai penyaring air keran.

    Otomatis kain berubah menjadi kecoklatan, ini menandakan air mengandung zat besi yang tinggi.cek kondisi air kran sumur bor

  2. Gunakan Pasir Hijau Manganese

    Cara menghilangkan bau besi pada air sumur bisa menggunakan pasir mangan hijau atau pasir mangan hijau.

    Anda dapat membeli pasir di toko konstruksi atau penyaring air. Untuk menghilangkan bau dan warna besi dari air.Gunakan Pasir Hijau Manganese untuk menghilangkan bau besi

  3. Tuangkan Pasir ke Filter

    Tuangkan pasir mangan yang berwarna hijau ke dalam saringan air menggunakan cara apa pun untuk menuangkan pasir ke dalam saringan.

    Tetapi coba gunakan cara yang mudah, seperti gelas ukur, agar pasir tidak menyebar. Untuk pengukuran sebenarnya, tuangkan pasir di atas tangki filter air atau sesuai kebutuhan sesuai dengan ukuran filter yang Anda gunakan.Tuangkan Pasir kedalam filter sumur bor

  4. Bersihkan Filter Air

    Setelah pasir mangan hijau berhasil diterapkan, kualitas air akan membaik tapi, endapan bentuk kerikil bakal muncul. Krena Endapan ini sisa pengotor besi.

    Jika muncul endapan seperti ini, bersihkan filter dengan cara backwash atau cara lain. Ulangi langkah ini jika masih ada endapan di air yang sudah disaring dengan pasir mangan hijau.Bersihkan Filter Air sumur

  5. Aktifkan Pasir Manganese

    Perlu diperhatikan jika ingin menggunakan lembaran mangan sebagai penyaring air, jangan dicampur dengan bahan lain. Misalnya, mencampur bahan seperti silika, karbon aktif atau sebagainya.

    Ketika dicampur dengan hal-hal ini, karbon aktif dapat dengan cepat menjadi jenuh dan tidak lagi efektif untuk menyaring air. Namun, pasir mangan hijau juga bisa tetap jenuh jika digunakan dalam waktu lama.Aktifkan Pasir Manganese hijau untuk menjernihkan air

Agar pasir dapat aktif kembali, gunakan aktivator mangan yang banyak dijual di pasaran. Setelah diaktifkan kembali, pasir mangan hijau dapat digunakan kembali untuk menyaring air.

Update 08 november 2021

Tips Menghilangkan bau air sumur dengan garam

1. Menggunakan Garam

Menurut beberapa ahli pengglaian sumur bahwa garam adalah cara sederhana yang dapat digunakan untuk menghilang bau dan air sumur berminyak.

Fakta menyatakan kandungan garam batu yang mengandung zat H2S, diduga dapat digunakan untuk memfilter air atau cukup menyiram garam batu kedalam sumur.

Fakta menarik lainnya, garam pun dapat lembung sehingga air membuat air lebih jernih, berikut peralatan dan bahan yang dibutuhkan ialah :

Bahan dan Peralatan

Siapkan bahan dan peralatan yang dibutuhkan, dan ikuti panduan cara pengunaan garam, tawas, batok kelapa untuk mejernihkan air, menghilangkan kandungan minyak dalam air, bau dan besi.

  • 1 bungkus garam dapur
  • 1 ember air bersih atau secukupnya
  • 1 wadah ember

Tata cara penggunaan garam

  1. Masukkan 2 bungkus garam ke dalam ember.
  2. Tambahkan dengan es batu untuk mengikat senyawa.
  3. Tuangkan ke sumur baru Anda.
  4. Hari berikutnya, cek air sumur masih berbau, segera hubungi ahli sumur.

2. Memakai Tawas

Tawas selain dapat menghilangkan bau badan, ternyata tawas pun sangat ampuh menghilangkan bau air sumur. Ikuti petuntuk berikut ini :

  1. Siapkan 1.000 liter air dan haluskan 1 kg tawas lalu masukkan ke dalam air.
  2. Aduk hingga tawas larut
  3. Langkaah selanjutnya, tuangkan campuran tawar ke dalam sumur.
  4. Tawas berfungsi menjernihkan air berminyak dan bau.

Jika air sumur masih bau dan berminyak lakukan hal yang sama 3 hari berikutnya.

3. Batok Kelapa

Penggunaan batok kelapa secara alami mudah dilakukan dan lebih praktis tentunya. Batok kelapa yang memiliki kandungan karbon aktif ampuh mengikat kotoran, bakteri dan senyawa aktif.

Dengan cara ini air sumur bakal bisa lebih jernih dan tidak bau, tata cara bau air sumur dengan batok kelapa adalah :

  1. Gunakan kurang lebih 5kg batok kelapa yang sudah menjadi arang.
  2. Bungkus batok kelapa menggunakan kain atau karung.
  3. Ikatkan dengan tali berukuran 10meter sampai 20meter dan masukkan ke dalam sumur.
  4. Tinggalakan selama 3 hari.

4. Kaporit

Kaporit mungkin lebih sering digunakan untuk air kolam renang, lebih lagi digunakan oleh PAM (Perusahaan Air Minum). Namun, karena mengandung bahan kimia dan berbahaya bagi kesehatan maka wajib menggunakan filter air.

Gunakan filter air seperti yang telah dijelaskan diatas, dengan filter air yang tepat dapat menyaring dan menghacurkan senyawa berbahaya yang terdapat pada kaporit.